Buku
Etika Kepemimpinan Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan itu sifatnya spesifik, khas, diperlukan bagi satu situasi khusus. Sebab dalam suatu kelompok yang melakukan aktivitas -aktivitas tertentu, dan mempunyai suatu tujuan serta peralatan peralatan yang khusus. Pemimpin kelompok dengan ciri-ciri karakteristik teristik itu merupakan fungsi dari situasi khusus.
Manajemen pendidikan adalah semua tentang mengelola proses pendidikan untuk mencapai set tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Definisi ini mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk malaksanakan berbagai tugas yang mungkin diperlukan, atau berarti dengan tidak melakukan tugas-tugas itu dengan sendiri
Upaya pembentukan karakter bangsa yang tercermin pada karakter individu warga masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas proses pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam keluarga pengembangan kecerdasan emosional ditentukan oleh kualitas pendidikan orang tua. Kualitas pendidikan orang tua bukan hanya dilihat dari tinggi rendahnya pendidikan formal, akan tetapi dilihat dari aspek perilaku dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran akan kehidupan tumbuh dalam diri dan sifat objektif yang kuat sebagai pedoman hidup dalam keluarga. Lembaga pendidikan sekolah bertanggung jawab pula untuk membangun kecerdasan emosional dalam mengembangkan karakter peserta didik. Mengigat zaman sekarang ini keluarga memiliki kesempatan yang terbatas dalam memberikan pendidikan moral kepada anak-anaknya. Praktik pembentukan pendidikan karakter bangsa di lembaga pendidikan Islam sebagai hal yang paling penting dalam membekali siswa terkait moral dan etika, harus dilakukan secara bersama-sama oleh kepala sekolah, guru-guru, tenaga kependidikan, dan orang tua siswa. Dalam pelaksanaannya pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan guru memiliki cara dan metode tersendiri dalam mewujudkannya.
Tidak tersedia versi lain