Buku E.MANAJEMEN
International Marketing
Peluang di pasar global saat ini setara dengan ekspansi ekonomi global yang terjadi setelah Perang Dunia II. Namun, dewasa ini, lingkungan persaingan di mana peluang-peluang ini ada sangat berbeda dari periode sebelumnya ketika perusahaan multinasional Amerika Serikat mendominasi pasar dunia. Dari akhir 1940-an hingga 1960-an, perusahaan multinasional (MNC) dari Amerika Serikat memiliki sedikit persaingan; saat ini, perusahaan dari hampir semua negara di dunia bersaing memperebutkan pasar global. rnrn Tidak ada ilustrasi yang lebih baik tentang perubahan yang terjadi dalam persaingan pasar global pada seperempat abad terakhir ini selain yang dialami oleh General Electric Lighting (GEL). GEL, dimulai pada tahun 1887, mendominasi pasar pencahayaan AS sampai saingan tradisional Westinghouse menjual operasi lampunya ke Philips Electronics of Holland pada tahun 1983. “Tiba-tiba,” mencerminkan kepala GEL, “kami memiliki persaingan yang lebih besar dan lebih kuat. Mereka datang ke pasar kita, tapi kita tidak mengikuti pasar mereka. Jadi kami dalam posisi defensif. Tidak lama kemudian, GEL mengakuisisi Tungsram, perusahaan pencahayaan Hongaria, dan Thorn EMI di Inggris, dan kemudian pindah ke Asia melalui usaha patungan dengan Hitachi. Baru-baru ini pada tahun 1988, GE Lighting mendapatkan kurang dari 20 persen penjualannya dari luar Amerika Serikat
Tidak tersedia versi lain